-->

Apa itu cache data dan bagaimana cara menghapusnya


Bagi anda pengguna Android pasti sering menemukan tulisan data cache di setelan aplikasi. Tapi taukah anda, apa itu data cache? Data cache adalah salah satu jenis penyimpanan data. Ketika anda browsing internet melalui aplikasi web browser di perangkat android atau komputer, web Browser tersebut menyimpan cache di penyimpanan telepon atau hard drive komputer Anda.

Cache adalah kumpulan halaman web termasuk teks, gambar, dan media. Data cache yang tersimpan ini membantu dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan bantuan data dalam cache, browser web akan membuka halaman web dengan cepat pada kunjungan berikutnya ke halaman web tersebut. Data cache akan tersimpan dalam memori penyimpanan yang tersedia pada perangkat.

Apa itu Data Cache?

Pernahkah anda memperhatikan ketika anda menginstal aplikasi baru, aplikasi tersebut bekerja dengan baik, namun setelah beberapa saat, kinerjanya akan menurun bahkan sangat lambat. Masalah ini terjadi karena aplikasi menyimpan data aplikasi yang semakin bertambah. Data aplikasi adalah kumpulan cache dan informasi tersimpan seperti informasi login, nama pengguna, kata sandi dan setelan preferensi di dalam aplikasi. Jika Anda tidak menghapus cache aplikasi, berakibat pada kinerja aplikasi yang lambat dan kinerja telepon yang lambat secara keseluruhan.

Mengapa Perlu Menghapus Cache

Ada banyak alasan mengapa perlu menghapus chace atau tembolok peramban web Anda. Jika Anda mendapatkan error 404 atau 502 pada browser Anda maka Anda perlu membersihkan cache. Karena jenis kesalahan ini terjadi saat cache browser Anda rusak. Data cache ini membantu dalam meningkatkan pengalaman pengguna tapi juga meningkatkan beban pada memori telepon. Jadi Anda perlu menghapus tembolok telepon Anda.

Cara Menghapus Data Cache di Android

Untuk menghapus Data cache pada perangkat android adalah proses yang sangat mudah. Anda dapat menghapus data aplikasi dan data cache dalam beberapa detik. Perlu diketahui bahwa trik ini hanya berlaku pada perangkat android. Ikuti langkah demi langkah di bawah ini untuk menghapus cache pada perangkat android Anda.

1. Langkah pertama buka menu setting
Temukan dan klik pada pilihan manajer aplikasi. kemudian akan muncul semua aplikasi yang terinstal di perangkat android anda.

2. Lalu pilih aplikasi yang ingin anda hapus data cachenya. dan Anda akan melihat tiga pilihan seperti force stop, uninstall update, clear cache, dan clear data.

3. Untuk menghapus tembolok aplikasi klik pada opsi Clear cache / hapus memori.
Setelah klik pada opsi clear cache, maka secara otomatis akan menghapus cache aplikasi anda. Tetapi jika Anda ingin menghapus semua data aplikasi, klik pada opsi hapus data. lalu akan menampilkan jendela popup baru seperti menghapus data aplikasi lalu klik tombol OK.

4. Selesai.

Menghapus cache data ini juga bisa digunakan sebagai trik untuk Mempercepat hp android yang lemot. Sekian semoga bermanfaat.